Skip to main content

Panduan Jalan-Jalan Murah ke Luar Negeri Part 1 : Persiapan

“Kamu kok jalan-jalan terus sih”
“enak ya banyak duitnya jadi bisa keluar negeri”
“keluar negeri mahal ya?”
“berapa ya buat keluar negeri”

 
Hellooo gengs! Pasti sering bertanya-tanya dalam relung jiwa terdalam tentang ini kan? Bete gak sih liat teman-teman lain jalan terus sedangkan kamu cuma explore by ig? Tenang-tenang keluar negeri itu gak mahal kok, asal ada kemauan. Nah, miss mau bagi-bagi tips panduan jalan-jalan murah ke luar negeri untuk sobat pemula yang tidak tahu memulai dari mana.

TIPS PENTING : Gunakan private windows saat mencari tiket dan hotel karena apabila kita menggunakan web biasa, maka history kita akan terbaca dan bisa-bisa harganya berubah.



Nah panduan selengkapnya disini : 

1. Berburu tiket murah
Ini adalah hal yang sangat penting sobat, jadi berburu tiket murah ini sudah harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum trip. Tapi sebelum ini, kalian harus menentukan perkiraan kalian jalan-jalan misalnya 3 bulan kedepan atau beberapa bulan, dilarang mepet-mepet karna pasti harga tiket yang mahal dan persiapan yang kurang, bisa jadi kalian malah nombok. It’s a no banget di kamus miss. Gimana sih caranya bisa dapet tiket murah? Pertama-tama sobat sekalian harus aktif mencari informasi, misalnya ikut group backpacker di facebook (group ini lebih cepat infonya daripada di instagram, jadi kalian wajib masuk group ini), follow akun-akun promo di instagram dan install aplikasi travel seperti tike*com, skysca**er, travelo*a dan lainnya. Kalo rajin banget sobat bisa datang ke travel fair. Tapi ini ya, definisi murah sendiri kan relatif, tergantung budget personal, untuk sobat yang memang budgetnya ampun-ampunan, carilah promo tiket ekonomi utk maskapai LCC (low cost carrier)  yang biasanya banyak promo adalah si merah, untuk pergi ke negara-negara tetangga menggunakan si merah ini lumayan loh, murah dan masih nyaman. Tips lain yaitu tidak usah beli bagasi untuk keberangkatan dan beli hanya untuk kepulangan saja, lalu share bagasi  biar lebih irit tapi diperhitungkan dengan bawaan sobat sekalian juga yaaa. Kalo miss sih biasanya sharing bagasi jadi 1 bagasi untuk  berdua, lebih hemat deh. Jangan lupa install aplikasi dan subscribe di email juga untuk si merah supaya up to date dengan info promonya. Jangan lupa juga sesuaikan dengan jadwal kalian yaa, apakah cuti masih ada? Apakah ditanggal tersebut kalian free? Biasanya miss memilih berangkat hari Rabu malam lalu pulang minggu malam, hanya cuti 2 hari tapi puaaaaas. Nah, sekarang sudah dapat tiket apa yang harus dilakukan?

2. Mencari Penginapan
Selanjutanya mencari penginapan. Ada banyak jenis penginapa yaitu hotel berbintang, hotel low budget, hingga dorm.  Dibawah ini miss jelasin plus dan minus dari masing-masing penginapan menurut miss yaaa :

 - Hotel berbintang banyak alias bintang 4 atau 5
Plus : Ya tentunya fasilitas yang enak, kasur yang empuk, privasi yang dijaga, dan biasanya ada bus    shuttle gratis sebagai fasilitas hotel, lumayan untuk mengurangi budget tranportasi. Tenang-tenang   sobat bisa saja menginap disini apalagi kalo ada diskon, seperti gledek dari tike*com. Kuncinya adalah selalu up do date siapa tahu sobat beruntung mendapatkan harga hotel berbintang dengan murah. Tentunya ini menjadi nilai plus saat travelling karena kenyaman itu tiada harganya. Dan paling penting adalah keamananya yang pasti terjaga.
Minus : yes, harga nya pricey kalo gak ada promo. Tapi kalo punya uang lebih kenapa tidak yaa? 

-  Hotel murah minimalis
Plus : harga murah yang tidak usah menunggu promo jadi sobat bisa dengan mudah merencanakan travelling sesuai dengan tanggal tiket pesawat. Kenyamanan tentu saja ada tapi jangan berharap sama dengan hotel berbintang yaaa, kasur yang empuk dan air panas untuk mandi rasanya sudah sangat cukup apalagi ditambah dengan free breakfast. 
Minus : kadang tidak ada free breakfast, kadang kurang nyaman atau berada di lingkungan yang tidak nyaman, nah kalo ini semua sih pinter-pinternya sobat untuk memilih. 

-          - Dorm
Plus : Bisa berinteraksi/ngobrol dengan traveller lain atau bule-bule. Buat sobat yang suka ngobrol atau mau mendapatkan sensasi travelling dan punya teman di beda negara, wajib coba dorm ini. Selain itu harganya pun sangat ramah di kantong dan biasanya tempatnya strategis dekat dengan tempat pariwisata atau transportasi umum 
Minus : Privasi yang terganggu karna dalam 1 kamar bersama-sama dengan yang lainnya, kadang tidur tidak nyenyak karna tempat 1 kamar belum tidur semua, sharing kamar mandi bikin was-was dan berasa ditungguin.

Nah, silahkan pilih jenis penginapan sesuai dengan kebutuhan dan preference nya sobat sekalian yaa. Tips dari miss adalah sebelum memilih penginapan jangan lupa dibaca review-reviewnyaaa, cari info tentang penginapan tersebut dan letaknya. Selain kenyamanan, lokasi penginapan haruslah strategis yaitu dekat dengan transportasi umum dan tempat makan atau setidaknya 7/11. 2 hal itu adalah wajib dan harus untuk pertama kali dipertimbangkan saat memilih. Oh iya untuk mendapatkan harga yang murah, jangan lupa survei di berbagai macam situs penginapan yaaa, bandingkan harganya soalnya setiap situs harganya berbeda misalnya bandingkan semua situs ini : travelok*, tike*com, agond*, airasi*go, trivag* dan yang lainnya. 

*Miss sih lebih prefer ke dorm, disamping harganya murah, kita bisa ketemu bule-bule atau traveller lain, jadi bisa berbagi cerita atau bahkan hanya untuk mengasah skill bahasa inggris

3. Membuat Itinerary
Tiket sudah ditangan, hotel sudah dibooking, lalu apa yang harus dilakukan? Jangan bingung sobat, ada miss disini yang akan dengan sangat senang hati membantu. Setelah tiket ditangan lalu selanjutnya yaitu membuat itinerary. Siapkan internet cepat dan buku catatan, saatnya mengeksplore google. Cari sebanyak-banyaknya informasi mengenai tempat wisata yang kalian ingin kunjungi, jangan lupa masukkan landmark dari negara tersebut, supaya berasa memang sudah menginjakkan kaki di negara tersebut. Jangan lupa juga cari informasi mengenai tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi, cari tempat-tempat yang underated but worthed it. Kemudian cari juga tentang makanan khas dan populer yang wajid dicoba, jangan ketinggalan oleh-oleh khas negara tersebut. Buat sobat yang mau memperindah instagram feed nya jangan lupa cari informasi “tempat instagramable di negara.......” dijamin tidak akan menyesal. Oh iya satu lagi, cari juga pasar malamnya, karna pasar malam ini merupakan salah satu wadah sobat sekalian untuk melihat kebudayaan sekitar, bercampur dengan lokal, makan makanan khas dan lain sebagainya. Kalian  bisa menghabiskan malam di pasar malam dan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. 

Tulis semua informasi tersebut dalam bentuk list, kemudian gunakan google map untuk mengecek setiap lokasi, tentukan lokasi yang berdekatan jadi sobat tidak bolak balik, pilih tempat-tempat yang searah menjauh dari hotel dan pilih lokasi terakhir yang dekat dengan hotel, jadi sobat gak perlu takut untuk pulang kemaleman. Jangan lupa cari informasi tentang kapan keberangkatan pertama dan kepulangan terakhir dari transportasi umum yang digunakan, takut-takut pulangnya terlalu malam. Jika jarak tidak begitu jauh misalnya 500m lebih baik berjalan kaki sambil menikmati kota yang pasti akan berbeda dengan di Indonesia, rasakan sensasinya dan siapa tahu bisa menemukan spot foto camik yang tidak diketahui orang lain. Kalo jalan-jalan keluar negeri miss lebih prefer foto di spot-spot yang tidak banyak orang pernah foto disitu, biar berbeda saja. 

Sudah jadi intinerary nya atau masih bingung? Di google map kita juga bisa mengetahui berapa ongkos nya loh jadi bisa sambil mengatur budget deh. Kalo masih bingung pelan-pelan, tersusun rapi dimulai dari hari pertama, kedua dan selanjutanya. Untuk explore kota, miss biasanya dilakukan pada hari terakhir, santai sambil menunggu jam kepulangan ke tanah air, sedangkan untuk beli oleh-oleh miss biasanya dilakukan di 1 hari sebelum pulang jadi gak repot packing dan unpacking. Hari pertama sobat bisa mengeksplore tempat terjauh dari hotel atau berbeda kota, karna tenaga kita masih banyak dan waktu yang kita punya juga masih banyak. Kalo masih bingung juga sobat bisa cek contoh intinerary di blog miss wasabi yaaaaaa.  Oh iya jangan lupa persiapkan plan B juga yaaa, karna dunia ini tidak semulus muka miss hihihihi.

4. Budgeting
Untuk menentukan budget, sobat bisa sesuaikan dengan uang yang dimiliki. Pertama-tama sobat bisa pisah-pisah sesuai dengan kebutuhan yaitu : uang transportasi, uang makan, uang oleh-oleh, uang jaga-jaga. Untuk uang transportasi sobat bisa menerka-nerka setelah melihat fare setiap transportasi yang digunakan di google map, lebihkan untuk jaga-jaga. Untuk uang makan, cari informasi terlebih dahulu di internet berapa rata-rata sekali makan, kemudian lebihkan untuk jaga-jaga (tidak disarankan makan di mall), untuk uang oleh-oleh sobat bisa mulai dengan me-list siapa sajakah yang akan mendapatkannya. Untuk rekan kerja sobat bisa beli gantungan kunci atau tempelan kulkas yang dijual per-6 atau 10 butir sekalian, untuk lebih hemat. Jangan lupa sisihkan untuk uang jaga-jaga, bawa debit juga yaaa kalo uang habis bisa langsung gesek. Pisahkan uang perharinya supaya sobat bisa lebih hemat. Pilih lokasi wisata yang gratis atau murah, dan take out lokasi wisata yang harga masuknya mahal jikalau dirasa uang tidak cukup lagi. Beli oleh-oleh yang hanya ada di negara tersebut, supaya tidak beli macam-macam dan kalap mata hahahaha.

5. Persiapan perintilan
Selain mempersiapkan hal-hal penting diatas, sobat juga jangan lupa akan hal-hal detail seperti persiapan membawa peralatan yang dibutuhkan. Supaya gak ada yang ketinggalan kalian bisa membuat check list peralatan yang harus dibawa. Persiapkan juga baju yang cucok, supaya bisa dapat foto yang camik, persiapkan baju untuk hari pertama, kedua dan seterusnya kalo bisa sesuaikan dengan tempat wisata yang akan dikunjungi biar senada, bikin feed ig makin camik deh. Jangan lupa bawa obat-obatan yaa, ini wajib. Power bank juga menjadi salah satu hal yang wajib dibawa, gak mau kan hape mati ditengah tengah perjalanan? :( duh mati gaya banget deh.  Pilih sepatu yang enak dan empuk, jangan gunakan flat shoes atau high heels, sangat tidak direkomdasikan, bisa-bisa sakit kaki dan merusakan perjalanan sobat :( gunakan sepatu kesayangan yang nyaman , jadi sobat bisa jalan kesana kesini dengan nyaman aman dan tentunya gak bikin sakit kaki.

Untuk persiapan segini dulu yaaa, sambil nantikan part ke-2 nya saat travelling yang wajib sobat tauuu yuhuuuuu. Oh iya jangan lupa bikin paspor dulu sebelum berangkat keluar negeri, karna ibarat ktp, paspor ini adalah identitas kita diluar negeri nanti. 



See you in the next part with miss wasabi <3

Comments