Skip to main content

Jalan - Jalan ke SINGAPORE cuma 350 ribu !!!



Helloooo sobat wasabiiii, miss sudah lama gak tulis nih dikarenakan lagi banyak kerjaan di kantor hihihihi dan sempat buntu mau bahas apa. Sebenernya mau lanjut tentang panduan jalan-jalan murah, tapi kita seling dulu yuk dengan one day trip singapore ini.




Siapa sih yang gak kenal Singapore? Kalau sobat liat teman-teman sobat yang lagi holiday di SG, pasti mikir “ gila mainnya singapore cuy” “pasti banyak duit” “hedon banget ke singapore”
Eh eh ehh jangan dulu juliiiddd, ke singapore itu muraaaah kok, ga akan sampe jual rumah, kecuali rumahnya rumah keong hahahaha. Nah miss disini mau bagi pengalaman, keliling singapore hanya dengan 350 ribuan atau 35 SGD. Mau tahu bagaimana? Yuk baca lebih lanjuuutt






Singapore adalah negara Republik yang terletak di kawasan Asia Tenggara dengan luas wilayah sebesar 697km2, atau hampir sama seperti luasnya Jakarta yaitu 661,5 km2. Negara ini sudah tourism friendly banget, jadi kalo sobat mau jalan-jalan sendiri disini, dijamin aman dan gak akan nyasar. Semua moda transportasi dalam kota di SG sudah terintegrasi, dengan 1 kartu canggih yaitu ez-link. Jadi sudah cashless, mau naik bus tinggal tempelin kartu begitupun kalo naik mrt. Bagi warga Indonesia ada 2 cara menuju SG ini yaitu menggunakan pesawat dan kapal laut. Nah, miss kebetulan saat itu sedang berada di batam jadi cus nyebrang deh.

One day trip ini dimulai dari pagi hari di Jakarta, karna waktu itu ada keperluan di Batam jadi naik pesawat ke Batam dengan penerbangan pertama, supaya banyak waktu di SG nanti. Kemudian saat landing di Bandar Udara Internasional Hang Nadim di Batam, sobat bakal  nemu banyak stand yang menjual tiket kapal ferry menuju Singapore. Sobat wasabi lebih baik beli di bandara karna harganya jauh lebih murah daripada OTS atau beli di pelabuhannya. Sebenernya ada yang lebih murah yaitu beli di indomart/alfamart tapi karna keterbatasan waktu jadi miss beli di bandara saja. Ada banyak jenis kapal ferry yang bisa dinaiki, sesuaikan dengan budget dan waktu sobat sekalian, yang paling sering direkomendasikan adalah Majestic. Tapi kemaren miss beli tiket kapal ferry yang batam fast karena cocok dengan dompet dan waktu. Harga tiket batam fast ini kira-kira 200an ribu untuk tiket PP, miss ambil yang jam 9:50 mengingat saat itu landing di batam sekitar jam setengah 9 (supaya gak buru-buru). Setelah membeli tiket kemudian mencari taxi untuk menuju ke pelabuhan batam center, jaraknya lumayan 12 KM apalagi naik taxi, duuuhh. Untung waktu itu miss berdua teman tapi teman gak ikut nyebrang :( jadi jalan-jalan sendiri deh.  Setelah sampai di pelabuhan, harus check in dulu di counter batam fast nya, kemudian dikasih tiket boarding pass. Sebelum menuju imigrasi jangan lupa bawa roti dan minuman buat ganjel perut, jadi disana cukup makan berat ajaa. Ohiya miss bawa tumbler, hemat untuk gak beli air mineral disana hahahahaha. Setelah mencari penganjal perut kemudian menuju imigrasi seperti layaknya di bandara. Kemudian menunggu di ruang tunggu, dan ternyata delayyy genggsssss duuuhh sedih, tapi untungnya gak lama. Sekitar jam 10:30 kapal baru berangkat, oh iya di dalam kapal bebas yaaa duduk dimana saja, tidak ada numering seat. Saat di kapal kita dikasih form buat diisi begitu yang isinya seputar keperluan kita di SG. 





Miss duduk sebelah sama orang batam asli, beliau cerita hampir seminggu sekali PP SG karna punya usaha jualan merek-merek branded second gitu dan peminatnya cukup banyak. Setelah hampir 1 jam miss sampai di laut perbatasan SG dan Indo, sudah ada kapal polisi SG yang menunggu diperbatasan. Sebelum memasuki wilayah SG, kapal yang miss tumpangi diperiksa dulu sekitar 10 menit, sampai ada pengumuman untuk tidak panik, hahahahaha. Setelah selesai di cek kemudian kapal kembali berangkat dan tak lama sampai pelabuhan HarbourFront Centre. 


Welcome to SINGAPOREEEEEEE
Setelah melewati imigrasi, karna jam sudah menunjukkan pukul 12:30 (perbedaan waktu SG dan Indo adalah 1 jam) dan perut sudah mulai lapar meski belum keroncongan. Destinasi pertama yang miss kunjungi adalah bugis street. Dari harbourfront centre, kita jalan keluar beda gedung kemudian masuk ke Mall, daaaaannn tersesat hahahahahaha (padahal di intro bilang ga akan tersesat yaa) tapi tenang, ini tersesatnya di mall. Mall ini ibarat lingkaran setan, sulit menemukan jalan keluar dan sayangnya kebanyakan station mrt di SG nyambung sama mall :( jadi siap-siap ngubek mall.  Apabila peta mall kan gak bisa liat di google map, jadi sobat harus siap tanya-tanya orang yaa. Miss waktu itu tanya orang lokal eh dijudesin :( soalnya ternyata ada papan penunjuk jalan besar yang ngasih tahu dimana lokasi station harbourfont ini hehehehe maklum masih linglung. Setelah akhirnya menemukan station tesebut langsung cus masuk dan mengikuti ornag-orang di depan. Miss sudah bekal kartu ez-link punya teman yang sudah menjadi hak milik hahahah (makasih loh alay). Tapi sobat bisa beli di kartu ini di bandara changi atau di loket MRT. Ada 2 jenis yaitu EZ link dan Singapore Tourist Pass. Bedanya kalo ez link bisa digunakan kembali saat sobat balik ke SG, kalau tourist pass hanya berlaku untuk 1-5 hari. EZ link ini seperti e-money, sedangkan tourist pass bisa unlimited tergantung beli paket yang 1 hari, 2 hari atau 3 hari. Misalnya sobat beli utk 1 hari, sobat dapet unlimited naik semua moda transportasi dalam kota dengan kartu ini. Kalau ez link memotong saldo setiap naik kendaraan. Miss sih lebih prefer EZ Link, jadi kalau berkunjung ke SG lagi gak perlu beli kartu-kartu lain deh. Selain itu, di SG itu lebih asyik jalan kaki hihihihi atau naikbus yang harganya lebih murah dari MRT. 


Bugis Street
Back to the topic, naik mrt dari station harbourfront ini gak ada yang langsung ke bugis, tapi harus transit dulu, ada 2 pilihan :
1. Naik north east line kemudian lanjut east west line, atau
2. Naik north east line kemudian lanjut downtown line

Kemarin miss transit di Outram park mrt lanjut menggunakan east west line turun di bugis kemudian jalan kaki deh ikutin google map sambil menikmati kota SG yang bersih dan rapih. Pas lagi jalan miss lihat bus umum, rasanya mau naik tapi masih takut dan bingung hehehe. Oh iya ini pertama kalinya miss ke SG jadi mohon maklum hehehehe.  Bugis Street ini seperti pusat belanja oleh-oleh, dan ada 1 toko yang sudah terkenal dikalangan backpacker yaitu toko ABC, disini beragam coklat hanya dengan 1 dollar wow banget kaaaannn 1 dollar bukan 1 butir coklat yaa tapi bisa yang isinya banyaak, puas banget deh belanja disini. Tapi sebelum belanja, miss ke  kampung arab dekat mesjid sultan, untuk mencari makanan halal disekitarannya. Karna lagi berhalangan jadi gak sempat masuk mesjid untuk liat kemegahannya :( duh sedih, semoga lain kali diberikan kesempatan, amiinn. 


Kampung Arab dan Mesjid Sultan

Dari bugis kita tinggal jalan kaki saja, tidak begitu jauh dari bugis sudah terlihat kubah dari mesjid Sultan ini. Di sekitar mesjid banyak beragam pedagang, dari pernak-pernik, oleh-oleh hingga makanan. Dekorasi di kampung arab yang camik bikin foto sobat dijamin keren. 







Di kampung arab juga ada banyak kios makanan halal yang kebanyakan penjualnya adalah orang melayu, jadi menu nya serupa seperti nasi briyani, ayam goreng, dan lauk lainnya khas melayu. Setelah muter-muter, miss akhirnya memutuskan untuk makan di kios sebrang kampung glam cafe. 

Menu disini kaya warteg jadi milih lauk sendiri, miss pesan nasi briyani, ayam kari dan sayur (lupa sayur apa) dan teh manis, harganya sekitar 7SGD atau 70an ribu, lumayan utk di Indo tapi murah utk di SG. Setelah tenaga kembali keisi balik ke Bugis street untuk belanja. 

Ohiya dijalan dekat kampung arab dan bugis ada gang-gang yang warna-warni begitu, banyak orang yang foto disekitarnya dengan background tembok yang penuh grafiti keren atau rumah yang dicat warna-warni, namanya haji lane




Di bugis miss cuma beli coklat, tempelan kulkas dan pajangan khas SG yaitu patung singa, semuanya habis sekitar 15 SGD (coklat 5sgd, tempelan kulkas 3sgd, patung singa 7 sgd).





Merlion Park
Sehabis makan siang dan belanja coklat, petualangan miss kembali berlanjut, next location is Merlion Park, tahu doong yaaa salah satu landmark di SG yang wajib dikunjungi, sebagai salah satu tanda kamu pernah ke SG hihihihi. Dari Bugis ke merlion, miss menggunakan bus, karna capek harus turun naik tangga dan bus sepertinya lebih praktis. Dari bugis tadi kita jalan ke depan halte bugis junction (ikuti google map) kemudian naik bus nomor 130, ada 3 perhentian dan turun di halte Opp S’pore Cricket Club. Kalo bingung hitung saja jumlah halte yang telah dilewati. Dari halte tempat kita turun, tinggal jalan kaki mengikuti orang-orang hahaha soalnya rame bangeeeeettt. Nanti akan jalan melewati taman, melewati terowongan, tapi ga akan nyasar kok. 

Sayangnya waktu miss kesana singanya lagi ditutupin kain :( karna sedang renovasi tahunan yang rutin dilakukan oleh pemerintahan SG. Yaaahh ga foto sama singa air deh :(  tapi jangan sedih, masih bisa foto dengan background Marina Bay Sands. 


Kalo trip sendiri harus berani minta tolong orang buat fotoin karna gak punya tripod hehehehe. Tapi jangan berharap hasilnya seperti ekspektasi yaaa hahahah yang penting ada kenangan. Setelah asyik foto-foto, istirahat sebentar sambil menikmati pemandangan perkotaan singapore. Lanjut gak ini?

Lanjut dooonggggg

Orchard Road
Setelah bersantai ria kemudian tujuan selanjutnya adalah Orchard Road. Pasti pernah mendengar es singapore 1 SGD di orchard road yang terkenal itu kan? Naahh rencana awal miss mau cobain itu, eh malah gak nemu :(. Jadi dari Merlion Park jalan kaki lagi menuju ke  MRT north south line di station raffles place (ingat : ikuti google map). Naik ke arah Jurong East turun di station Somerset atau naik bus lagi, naik di halte fullerton sq, naik bus nomor 167 turun di Winsland Hse (6 perhentian dari halte awal) kemudian jalan kaki kembali (yes! Walking tour hahaha). 



Jadi Orchard Road ini isinya gedung-gedung bertingkat yang wow, tempat belanja branded ternama. Buat kamu yang hobi shopping barang branded, nah biasanya disini tempat yang ramai dikunjungi. Tapi miss hanya liat-liat saja, itu pun diluar gedung, duduk manja sambil liat orang lalu lalang dan berusaha mencari es krim one dollar yang terkenal itu. Karna bingung mau apa lagi  disitu , miss lalu bangkit dan memilih melanjutkan perjalanan, next location is Mustafa Centre, tempat belanja lengkap dan murah.


Mustafa Centre & Little India
Karna di group backpacker mustafa center ini begitu terkenal, miss jadi penasaran ingin kesana langsung. Dari Orchard, naik bus di halte Opp Somerset Stn (ikuti google map) kemudian naik bus nomor 65 dan turun di halte broadway hotel (7 perhentian dari halte awal), tidak begitu jauh. Di perjalanan bisa sambil menikmati pemandangan kota. Setelah sampai di halte tujuan, ketika turun wooooowww suasana berubah drastis, berasa bukan di singapore melainkan di India, ternyata kita ada di little india, dan ini berasa indiaaa banget, sejauh mata memandang hanya ada orang india berlalu lalang dan beberapa orang turis saja termasuk miss. Di sepanjang pesisir jalan, banyak kios yang menjual sari-sari (kain tradisional India), berbagai bunga-bunga dan restaurant India. Sempat kaget ini benar-benar berasa bukan di SG. Setelah terkesimak melihat kanan kiri kemudian jalan menelusuri kios-kios menuju mustafa center. Oh iya sebelum masuk, tas, goodie bag, plastik milik kita harus di kasih semacam alat ikat begitu. Nanti dikasih oleh petugas disana. Setelah masuk ke dalam mall nya woooww ternyata ini supermarket serba ada yang isinya orang India semuaaaa. Muter-muter dilantai 1,2,3 isinya sama seperti supermarket pada umumnya hanya saja ada brand-brand yang tidak ada di indo. Bingung mau beli apa, soalnya setiap kasir ngantri. Karna malas jadinya gak beli apa-apa, Cuma liat-liat hahahahahaha. Tapi menghabiskan banyak sekali waktu. Untuk teman-teman yang waktunya terbatas, miss gak rekomendasiin mustafa center utk dikunjungi, oleh-oleh cukup di toko ABC saja.



Chinatown
Setelah dari India, destinasi selanjutnya adalah chinatown. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di setiap negara hahahhaha. Dari mustafa centre naik MRT di station jalan besar turun di chinatown station ( 3 perhentian). Tinggal jalan kaki deh, kebutulan pas itu kepengen pipis jadi miss cari mesjid terdekat, dan untungnya ada, ikutin jalan di google sampailah di mesjid, sehabis buang air kecil, cuci muka yang sudah kucel abis, duduk sebentar , touch up lagi, lanjut deh jalan,menikmati chinatown yang sepanjang jalan berisikan kios makanan khas china. Di sepanjang jalan pun dihias dengan berbagai ornamen dan pernah pernik dengan karakter babi (tahun babi). 









Karna bingung mau makan apa, dan gatau yang halal yang mana jadi miss Cuma muter-muter saja, sekalian cari kantong jinjing untuk oleh-oleh yangdibawah karna keberatan dan repot bawa plastik banyak. Di sepanjang jalan menuju station MRT, banyak pedangan yang menjual berbagai macam pernah pernik dan oleh-oleh yang harganya murceeee loh. Miss Cuma beli tas seharga 3 SGD. Setelah puas tengok – tengok langsung kembali menuju MRT station. 



Di MRT station, duduk termenung, waktu sudah menunjukkan pukul 7:30 waktu setempat, alias pukul 8:30 wkt Indonesia, karna miss takut kemaleman dan takut gak kedapatan kapal feri balik jadi miss memutuskan untuk pulang ke tanah air tercintaaaaahhh



Tapi lumayan perjalanan singkat namun sangat berarti, karna pertama kalinya trip sendiri.  Dari chinatown naik MRT turun di harbourfront, kemudian jalan menuju dermaga/pelabuhan harbourfront centre, bisa tanyak pak satpam atau orang sekitar, karna kalian akan melewati lingkaran setan/MALL. Oh iya pas mau ke dermaga, miss nemu guardian yang jual freeman seharga 5 SGD hahahaha lumayan. Beli deh 1 karna memang kepengen bgt coba dan gak nemu varian ini di malaysia.


So, mari hitung pengeluaran kita :

TOP UP EZ-LINK : 10 SGD
Makan Siang : 7 SGD
Oleh-oleh : 15 SGD
Tas kecil : 3 SGD
 Freeman : 5 SGD (optional)
= 40 SGD

Miss bawa 50 SGD dan masih sisa 10 SGD yaayyyyyyy!!! Super hemat kan hahahahaha


See you in another trip sobat wasabi ku <3

Comments