Skip to main content

Backpacker MURAH ke Korea Selatan 7 hari 6 malam PART 1



Hellooo guys, akhirnya setelah ribuan purnama miss bisa nulis lagi nih, kali ini miss bakal share liburan ke Korea 7 hari 6 malam. Waaaaw lumayan lama yaaa, puas deh jalan-jalan di Seoul. Karna lumanyan banyak cerita jadi tulisan ini dibagi kedalam beberapa part, jangan lupa dibaca semua yaaaa. 

 

Waktu itu miss berangkat ke Korea tgl 5 Oktober menggunakan maskapai SQ (Singapore Airlines) ettsss jangan pernah berpikiran miss anak sultan yaa, ini Alhamdulilah dapet promo. Sedikit cerita, waktu itu lagi ada promo di tike****m gledek, semua orang di group backpacker (baca disini : https://www.misswasabistory.com/2019/06/panduan-jalan-jalan-murah-ke-luar.html ) heboh, cepat-cepatan booking tiket karna memang harganya gledek abis Jakarta – Seoul SQ 3.4 juta, Jakarta – Tokyo by JAL (Japan Airlines) only 3.4 JUTA kan waw, gimana gak heboh dunia per-backpackeran. Akhirnya miss dan kawan coba utk booking tapi gak dapet dapet selalu gagal TT. Iseng-iseng deh coba cek di website rival nya yaitu Tra****ka dan ternyata lagi promo jugaaaaaa tapi jarang orang yang tahu karna yang lain sibuk disebelah. Miss coba booking deh, eh dapet dong Jakarta – Seoul 3.7 by SQ ditambah pakai kode promo, diskon 500k jadi Cuma bayar 3.2juta saja dooooong. Rejeki nomplok banget SQ full service, meal on board, bagasi 30kg. Manteb deh!

Berangkat tanggal 5 Oktober transit di Singapore semalaman, karna teman mau liat-liat singapore (Rencananya) nah cerita bagaimana transit di Singapore akan ditulis di artikel berbeda yaa, biar yang ini fokus di korea saja. Jadi landing di korea itu di tgl 6 Oktober, sore hari.

DAY 1  (Landing)
Selamat datang di Incheon Airport
Wah berasa mimpi beneran sampai sini, lamanya berjalanan itu sekitar 6 jam dari Singapore tapi karna naik SQ gak berasa deh. Sesampainya di incheon hal yang pertama miss lakukan adalah foto dan boomerang di tulisan incheon airport hehehe buat kenang-kenangan, selanjutnya seperti biasa melewati imigrasi, jangan lupa isi form imigrasinya sesuai dengan data diri, selanjutnya menunggu bagasi datang. Setelah semua komplit miss dan kawan menuju pintu exit, diluar sudah banyak oppa oppa yang berlalu lalang, dan beneran cakep cakep loh, putih mulus, gak ada pori-pori, dunia sungguh tak adil hahahaha. Eits tapi yang cewek juga cantik bgt, kebanyakan menggunakan make up full, jarang liat ada yang gak pakai make up mondar mandir.


Oh iya sebelum menuju kota, beli kartu T-money terlebih dahulu di mini market, contohnya CU. Beli kartu T-money sekaligus isi ulang, waktu itu miss langsung isi 40.000 won  dan harga t-money nya 8.000 won. 

T-money ini bisa digunakan untuk berbagai macam moda transportasi, seperti subway maupun bus. Setelah T-money ditangan kemudian jalan menuju subway ke station seoul. Ada 2 pilihan subway yang bisa digunakan menuju pusat kota, yaitu subway yang langsung menuju seoul (tanpa transit) dan subway yang menuju seoul dengan berhenti di setiap stationnya, harganya pun tentu berbeda. Miss memilih untuk menggunakan subway yang berhenti di setiap station, harganya 4.150 won sedangkan utk yang langsung tanpa berhenti, harganya 9.000 won. Nah, ini sih disesuaikan dengan budget masing-masing yaaaaa.

Cara untuk menuju station subway ini lumayan mudah,  ikuti petunjuk menuju Airport Railroad di area kedatangan. Lokasinya tepat dibelakang stand AREX express. Kalau sudah punya T-money, gausah beli tiket lagi yaaa, tinggal tap saja.

Siaaapp menuju seoul!!!

Ternyata lumayan lama perjalannanya 1 jam-an lebih kalau tidak salah, tapi tidak berasa karna disuguhi oleh pemandangan yang indah di kiri dan kanan jalan. Ternyata korea begitu luaaas. Setelah sampai di station seoul, miss transit kemudian melanjutkan naik kereta/subway lagi line 4 biru muda menuju hansung univ. Oh iya, pastikan kalian punya map subway metro yaa, karna line nya banyak banget dan rute perjalannya begitu mumet tapiii selama kamu punya map subway metro, ga akan nyasar kok. Nyasar dikit sih pada kenyataannya hehehe. 

Pastikan kalian tahu line nya, warna line, dan exit, karna ini 3 hal yang sangat penting, salah exit nanti kamu bisa terhempas jauh dari tempat yang dituju. Download map nya disini : https://english.visitkorea.or.kr/enu/TRP/TP_ENG_6.jsp Penginapan yang miss tuju ada di dekat hansung univ, exit 5. Keluar dari station, akhirnya merasa udara seoul, dan ternyata dingiiiin, adem kayak di puncak. Jalan menuju penginapan yang jalannya menanjak sambil geret koper. Tapi untuk tidak jauh, walaupun harus menanjak. Akhirnya sampai di penginapan, bahagia banget bisa sampe dari perjalanan panjang, melintasi berbagai negara.

Dan alhamdulilah lagi, miss dapat penginapan murah, dan kamarnya luuaaaaaaaaaaas bangeeeeeeettttt. Beli di trav***ka sedang diskon untuk kamar en-suite twin room seharga 2.2 juta untuk 6 malam berdua ditambah kupon diskon 374rb jadi cuma bayar 1.8 juta berdua utk 6 malaaamm. Waw kan, masing-masing bayar 900rb atau 150rb permalamnya. Hemat betol kaaann. Kamarnya luas banget, dengan kamar mandi dalam, AC, penghangat ruangan, dan sarapan gratis.



Setelah istirahat sebentar, karna tidak mau menyia-nyiakan waktu, miss dan teman pergi keluar untuk mencari makan malam, kami pergi ke myeongdong.

Dari hansung univ station menuju myeongdong station, naik subway line 4 biru muda, exit 5,6,7,8. Jaraknya deket kok, cuma beberapa station aja jadi sebentar.  

Sesampainya di myeongdong, waw takjub banget gengs. Kiri kanan isinya toko make up dan skincare semua, ditambah ditengah dipenuhi berbagai aneka macam street food. Surgaaaaaaaaaaaa. Myeongdong ini adalah tempat yang wajib dikunjungi dan gak cukup 1 kali karna luas banget dan banyak toko menarik, bisa kalap deh.   





Kami coba jalan lihat kanan kiri dulu, sebelum akhirnya memutuskan untuk mencoba tteobokki dan odeng. Harga tteobokki rata-rata adalah 3000 won dan odeng 1 tusuk 1000 won. Cara hemat adalah makan bareng-bareng, beli 1 bayarnya dibagi 2 jadi bisa coba berbagai macam makanan. Karna tadi sudah dapat makan malam di pesawat, jadi miss hanya beli tteobokki dan odeng saja, kemudian lihat toko-toko kosmetik sebelum akhirnya pulang ke penginapan. 






 
Siap untuk petualangan esok hari!!

DAY 2 (Gedung SM, Pledis, SM Store & Cafe, Coex Mall, Starfield Library, Dongdaemun Night Market)

Pagi ini terasa begitu dingin, lebih dingin dari semalam dan ternyata hujan TT. Hujannya sih gak deres cuma awet banget. Rencana hari ini awalnya mau mengunjungi Gyeongbokung palace, sewa hanbok dan menikmati historical tour tapi hujan tidak kunjung berhenti hingga pukul 10 AM dan akhirnya dengan berat hati kami mengubah itinerary, cuma tuker hari aja dengan kpop addict tour. Setelah sarapan, kami pun keluar menggunakan payung dan coat tentunya karna dinginnya sampai 7 derajat celcius.

Rencana awal mau ke gedung YG eh tapi nyasar, salah baca itinerary akhirnya menuju K-star road di gangnam, dari hansung univ naik subway line 4 biru mudah turun di dongdaemun history and culture park, kemudian transit naik line 2 hijau turun di wangsimni kemudian dari wangsimi transit lagi naik line B (bundang) kuning turun di apgujeong rodeo, kemudian keluar di exit 2.



Baru keluar dari station wuussshh hebusan angin dingin terasa menusuk tulang padahal sudah pakai coat. Enaknya sih diem dibalik selimut, tidur seharian tapi kan sayang udah jauh-jauh ke korea masih cuma numpang tidur?

K-star road dimulai dari exit 2 door, ada berbagai macam gangnam doll disepanjang jalan. Tapi hanya group-group dulu saja, untuk group idol yang baru belum ada. Kpopers old pasti kenal deh sama group-group ini, seperti : Super Junior, TVXQ, 4Minutes, Shinee, F(x), 2pm, dan lainnya. Jangan lupa take a good picture dengan gangnam idol favorite kamu. 



Di kstar road ini ada gedung SM, nah pas kita lewat ada kerumunan orang di depan pintu masuk, penasaran ada apa ya, kali aja ada artis SM yang lewat kan rejeki. Ternyata lagi antri official goodies Super M saaayyy, antriannya sudah panjaaang. Berharap rejeki ketemu artis, ternyata belum, belum loh yaaa. Lalu perjalanan kami berlanjut dengan menelusuri jalan gangnam ini, alias jalan lurus ajaaa teroooss. 



Dan akhirnya bertemu dengan SM studio store and cafe. Lantai 1 nya itu cafe dan ground lantainya ada official goodies  SM Ent shop begitu. Lumayan banyak, tapi ga sebanyak di Coex ya. Disini kita cuma beli album-album titipan, selanjutnya berjalan lurus lagi. 





Perut mulai berkeroncong, bernyanyi kelaparan ditengah dinginnya Seoul. Tengok kanan kiri, dimana restaurant halal tidak ada, akhirnya karna sudah laper banget banget terpaksa turun ke subway dan makan ramen di CU. Nikmatnya ramen dikala laper dan dingin, meskipun belum  begitu kenyang tapi tenaga sudah terisi kembali, siap melanjutkan petualangan. 


Setelah istirahat dan makan, kami kembali berjalan, jalan, jalan, jalan, jalan terus jalan sampe ke gedung Pledis Ent (karna teman bucinin seventeen banget). Puas foto-foto depan gedung Pledis (oh iya cara kesini bisa menggunakan google map ya kalau pusing pakai naver), rencanya awalnya mau ke cafe Jaejoong tapi ternyata tutup. Ganti destinasi ke line cafe yang letaknya masih di gangnam juga, tapi karna sudah capek berjalan akhirnya kami memutuskan naik subway ke line cafe, turun di sinsa station, exit 8 (selanjutnya gunakan google maps karna gak begitu jauh kok). Dan ternyata TUTUUUUUPPPPP, kesel asli deh. Setelah meratapi nasib, mau gak mau harus move on ke next destination yaitu Coex Mall.



Dari station sinsa (line 3 orange) turun di seoul univ station kemudian lanjut naik subway line 2 (hijau) turun di Samseong, exit 5.


Baru keluar dari subway sudah terlihat gedung Coex SM yang besaaar. Sambil berjalan ke pintu masuk, ada tembok besar yang isinya itu cap tangan dari artis-artis. Bisa cobain apakah cocok sama tangan kamu? Kali saja pas untuk digenggam hahahaha. Lalu, jangan lupa juga foto di depan SM Coex mall nya untuk kenang-kenangan hihihi. Yuk masuk!





Jadi coex mall ini sebenernya mall, ya seperti kebanyakan mall lain isinya banyak outlet2 baju, make up, dan lain-lain, yang special dari coex mall adalah ada bagian mall yang khusus untuk SM Goodies dan itu sampai berlantai-lantai, komplit abis, jadi teman-teman kalau mau beli goodies SM mending disini saja, disini semua komplit. Setelah puas liat liat (miss literally liat-liat doang gak beli apa apa) lanjut ke Starfield library yang lagi hits banget. Starfield library ini letaknya di tengah mall, unique kan? Tapi kebanyakan yang datang ya cuma buat foto-foto saja karna desainnya yang unik.  Cara dari SM coex ke perpustakaan ini mudah kok, ada sign penunjuk jalan di dalam mall. 



Di Coex Mall ini juga ada mushola loh, terharu banget TT karna saking sulitnya menemukan mushola. Letaknya memang terpencil, tapi tidak sulit untuk ditemukan. Tersedia di lantai 3 yang berdekatan dengan ruang konferensi. Naik lift untuk ke lantai 3 yaa, dari keluar lift sudah ada penunjuk jalan ke mushola, untuk wudhunya tidak tesedia, tapi disebelah mushola ada toilet jadi wudhunya di toilet.


Setelah shalat, saatnya mencari makan malam. Di dekat sini ada restaurant korean bbq halal (lamb) yang must try banget, namanya yang good. Tinggal naik subway dari samseong station turun di yeoksam, exit 6 lalu tinggal ikutin google map :


Yang good ini  baru buka pukul 4 dan biasanya penuh, waktu miss kesana, sudah waiting list beberapa orang jadi harus menunggu. Tapi worth it banget kok, dagingnya enaaakk juicy. Harganya ya affordable kok. Ada beberapa jenis lamb, yang miss coba kemaren adalah marinated lamb (20000 won) dan kimchijigae (5000 won) dan nasi berdua (1000 won). 



Harga termahal adalah 24000 won, tapi worth to try. Oh iya di Korea, kebanyakan restaurant ngasih minum air putih gratis dan refill, jadi jangan lupa bawa tumblr kemana-mana untuk berhemat yaaaa. 


Setelah makan dan beristirahat,  perjalanan berlanjut dan destinasi selanjutnya adalah dongdaemun night market. Miss itu love banget sama night market, setiap negara yang dikunjungi wajib ke night marketnya <3.

Dari station yeoksam (line 2 hijau) turun di station dongdaemun history and culture, exit 4.  Nah, pas dari pintu exit ini sempat bingung karna “loh kok sepi?”  coba pakai google maps ternyata masih berjalan sedikit atau keluar di exit 5. Nah, mulai deh terlihat keramaian, ada tenda-tenda penjual makanan, karna masih kenyang jadi hanya berjalan menelusuri, ternyata masih banyak yang belum buka. Setelah cari info, kebanyakan malah buka jam 12 malam sampe pagi. Jadi night market disini itu kalau sudah ramai bakal dipenuhi sama tenda-tenda kuning yang jual pernak pernik, baju, jam tangan, make up, tas, coat dan lainnya.

Karna sudah lelah juga jadi memutuskan untuk pulang ke penginapan saja dan bersiap untuk esok hari ke Nami Island yayyyy.

Cerita selanjutnya ada di next part yaaa :*

Comments